Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan hidup, sebelum terlambat…!!!

LOS ANGELES – Es di Antartika barat diklaim mulai mencair. Pada ilmuwan berpikir keras mengenai sebab akibat mengapa hal itu terjadi. Kini semua terjawab sudah.

Melalui pencitraan satelit dan data yang didapat menunjukkan jika angin dan air merupakan penyebab utama es di Antartika mulai mencair. Menurut para ilmuwan, angin kuat telah mengangkat air yang lebih hangat ke permukaan lautan es dan menyebabkan es mencair dengan kecepatan yang tidak seperti biasanya.

Glasiologis dari University of Colorado, Ted Scambos mengatakan bahwa fenomena tersebut telah menyebabkan penipisan es dalam jumlah besar di semenanjung Antartika dan sungai es di Pine Island. Keduanya merupakan wilayah gletser terbesar di barat.

“Memahami apa yang menyebabkan hilangnya es Antartika akan membantu para ilmuwan untuk memprediksi lebih baik tingkat kenaikan permukaan air laut di masa mendatang,” ujar Scambos, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (17/12/2010).

Temuan tersebut dihadirkan pada pertemuan American Geophysical Union di San Francisco beberapa waktu lalu.

Penulis berharap dan mengajak kepada teman-teman dengan adanya pemberitaan diatas selayaknya kita dapat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup kita agar dapat dinikmati bukan oleh kita saja tetapi dapat dinikmati juga oleh generasi mendatang. Lingkungan terjaga kelestariannya kita juga merasakan manfaat positifnya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

By Syarif Hidayat Adipura (Mahasiswa S1 Fakultas Hukum UNPAD BANDUNG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s