Hati-Hati Jika Berkicau Di Twitter

Pengamat sosial media Nukman Lutfhie menganggap pernyataan Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro, yang menyebut jejaring sosial seperti Twitter sebagai ancaman nonmilter bagi negara adalah suatu hal yang wajar.
 

“Kalau dari posisi pemerintah memang media sosial seperti Twitter sekarang ini berbahaya bagi negara. Tidak hanya di Indonesia, hampir di semua negara pun menganggap Twitter ini merupakan ancaman bagi pertahanan negara, termasuk Amerika Serikat,” tukas Nukman, saat dihubungi okezone, Kamis (27/1/2011).

Dia mencontohkan bagaimana negara sekelas adidaya seperti AS ketar ketir menghadapi Wikileaks yang heboh membocorkan dokumen penting negara. Menurutnya, Wikileaks tidak akan seheboh sekarang tanpa bantuan dari media sosial.

Dia juga menyebutkan, media sosial seperti Twitter mempunyai keunggulan yang mampu menjadi ‘senjata’ yang mengancam pertahanan negara.

“Twitter itu mempunyai tiga keunggulan. Satu, layanan itu menyampaikan informasi secara cepat. Kedua, dapat membentuk opini masyarakat. Dan yang ketiga, ini yang berbahaya, media sosial dapat menimbulkan perlawanan publik. Inilah yang di mata pemerintah berbahaya,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, menurut Purnomo, ancaman terbesar terhadap keamanan dan pertahanan suatu negara termasuk Indonesia di masa depan bukanlah ancaman agresi militer dari suatu negara.

Tetapi justru dari ancaman non-militer seperti cyber crime termasuk dengan memanfaatkan sarana jejaring sosial seperti Twitter dan pandemi virus mematikan. Aktor-aktor yang mengancam juga bukan lagi negara tapi cenderung non-state actor baik perorangan maupun organisasi. (srn)

Sumber : okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s