Ralat Info : Serba-Serbi Mengenai Mobil Drifting Legendaris Toyota Trueno AE 86 Alias Toyota Corolla Levin AE 86

*Mesin AE 86

*Brosur asli AE 86

*

*Penampakan AE 86 Di Indonesia

*Penampakan Celica Supra (hampir mirip ya sama AE 86) hehehe… di parkiran kampus fakultas hukum UNPAD Bandung (Hmm…kemungkinan ini milik kakak senior penulis, maklum penulis juga kuliah di fakultas hukum UNPAD). Foto ini milik Tahumie 86 seorang kaskuser (kemungkinan dia juga kuliah juga difakultas hukum UNPAD) yang diam-diam memfoto mobil ini…!thanks Bro Tahumie 86…^_^

*AE 86 milik Rifat Sungkar

Oke pada kesempatan ini penulis ingin membahas mengenai mobil drifting legendaris Toyota Trueno AE 86 alias Toyota Corolla Levin AE 86 (Nama Di Indonesia). alasan penulis membahas mobil drifting legendaris ini karena mobil ini adalah mobil yang mengagumkan menurut penulis meskipun mobil sudah berumur tetapi tetap saja perfoma drifting untuk mobil ini dapat diandalkan. terbukti Rifat Sungkar dengan mengendarai AE 86 banyak memperoleh kandidat juara dari berbagai kejuaraan drifting internasional. Di Indonesia AE 86 hanya ada 3 unit saja, yang salah satunya dimiliki oleh Rifat Sungkar. Harga mobil ditaksir lebih dari 500 juta rupiah (wow harga yang fantastis untuk ukuran mobil yang sudah berumur).

Generasi AE86 dari Toyota Corolla Levin dan Sprinter Trueno Toyota adalah kecil, ringan coupe diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 1983 sebagai bagian dari generasi kelima Toyota Corolla line-up. Untuk tujuan singkat, kode insider-chassis dari “AE86″ digunakan untuk menjelaskan seluruh jajaran. Dalam kode Toyota klasik, “A” merupakan mesin yang disertakan di dalam mobil (yang 3A dan 4A) dan E86 merupakan revisi 6 generasi kelima ( seri E80 ) dari model E yang merupakan Corolla. Perbedaan visual antara Levin dan Trueno adalah bahwa Levin telah tetap-lampu dan kedua memiliki lampu ditarik. Model ekspor nama Corolla meliputi baik variasi. The AE86 (bersama dengan spec lebih rendah 1.452 sentimeter kubik (1,452 L) AE85 dan versi 1587 cc SR5) adalah drive roda belakang (tidak seperti roda depan drive CE80, EE80 dan model AE82), dan antara mobil-mobil belakang drive-terakhir yang jenis, pada saat sebagian besar penumpang mobil yang beralih ke depan-drive. Pada tahun 1987 ada varian terbatas dari AE86 yang disebut “Black Limited” sampai unit habis dan juga pada tahun 1987 digantikan oleh roda depan drive AE92 Corolla / kisaran Sprinter. Di Jepang, AE86 juga dikenal sebagai Hachi-Roku (ハチロク ? ), Jepang untuk “8-6″.

Mesin / teknis

Berasal di Eropa AE86 telah tersedia dengan 4-silinder bahan bakar injeksi -twin cam 1587 cc mesin 4A-GE di Jepang dan Eropa yang juga digunakan dalam generasi pertama Toyota MR2 (AW11). Mesin ini memiliki daya output maksimum 130 PS (96 kW) dan £ 110 · ft (150 N · m) dari torsi dalam bentuk standar, pikir itu kemudian turun-rate hingga 120 PS (88 kW) dan lb · 105 ft (142 N · m) dalam output bersih. [1] [2] The AE86 datang dengan kecepatan manual 5 gearbox , dan kemudian datang dengan pilihan otomatis. The 4A-GE mesin yang digunakan dalam AE86 dan AW11 dilengkapi dengan T-VIS (Toyota Variable Intake System). The AE86 memiliki opsional Limited Slip Differential (LSD). [1]

Di Amerika Utara, mesin 4A-GEC modifikasi ini dapat digunakan untuk mematuhi California peraturan emisi. Power dinilai di 112 bhp (84 kW), dan 96 kaki · lbf (136 Nm) dari torsi . [1]

The AE86 digunakan ventilasi rem cakram . Mobil itu dilengkapi dengan gaya MacPherson strut independen suspensi di depan dan sebuah live link as roda empat dengan per pegas untuk belakang. Stabilizer bar yang hadir pada kedua ujungnya

Lower-spec Amerika AE86 model SR5 menggunakan 1587 cc 4A-C unit SOHC, tidak memiliki LSD opsional, dan rem belakang drum. Juga, model SR5 memiliki suspensi lebih lembut, dan styling kecil dan perubahan interior.

Model dilengkapi dengan mesin 4A-GE menerima 6,7 “diferensial belakang, sementara 3A-U, 4A-U, dan model 4A-C menerima, kecil lemah, 6,38″ diferensial belakang.

The SR5 AE86 (4A-C dilengkapi) memiliki transmisi otomatis opsional, meskipun model GT-S (dengan GE DOHC mesin-4A) hanya datang dengan 5-speed manual standar gearbox .

Baik Levin dan Trueno varian tersebut ditawarkan dengan baik-pintu coupe 2 atau 3-pintu liftback (hatchback disebut kadang-kadang). Baik Levin dan Trueno umumnya identik, selain tetap, lampu persegi di Levin dan lampu pop-up di Trueno. perubahan bodywork Minor dibuat pada tahun 1986 yang mengakibatkan lampu ekor yang berbeda untuk kedua model Levin dan Trueno, bersama dengan gaya coupe dan hatchback. Model yang dijual antara 1983-1985 yang biasanya disebut sebagai “Zenki” di AS, dan model dijual dari 1986-1987 disebut sebagai “Kouki”. [4] Versi coupe dianggap lebih kaku dan lebih ringan versi kedua. [1]

Model / spesifikasi

Di Jepang, 4A-GEU DOHC AE86 ditawarkan di GT, GT-APEX dan GTV trim sebagai Corolla Levin atau Sprinter Trueno, dengan SOHC U-3A AE85 versi yang dijual di berbagai trim termasuk SR, GT, dan sebagainya. Di Amerika, DOHC top-spec 4A-GEC dijual sebagai Corolla GT-S AE86 (untuk nomor VIN AE88 dimulai dengan nomor ke-4 di VIN menunjukkan motor 4agec di buku pegangan emisi federal), dengan bket 4A-C SOHC AE86 , dengan lampu depan pop-up dan diatur mph 5 (8 km / h) bumper .

Yang paling ringan AE86 adalah 2 pintu model GT Jepang yang beratnya 910 kg (£ 2006). Ini memiliki eksterior yang sama dengan GTV trim, tetapi dengan interior AE85 dengan pengecualian dari alat ukur, dan dilengkapi dengan drum rem belakang.
[ sunting ]
Amerika Utara dan perubahan spesifikasi AE86 tahun

Ada tiga jenis Corolla Olahraga RWD untuk pasar AS: DX, SR5, dan GT-S, meskipun tampaknya DX lebih dari sebutan Toyota internal, seperti brosur, dan sejenisnya tidak termasuk peruntukan DX; [1 ] itu lebih dari tingkat trim interior, seperti hampir semua hal adalah sama dengan SR5. Hal ini dikelompokkan dalam dengan SR5 dalam daftar ini, seperti yang digunakan adalah nama umum untuk semua Amerika Utara Corolla model Sport yang tidak dilengkapi GT-S. [1]
Model Tahun produksi: 1983-1987
Versi: SR5 dan GT-S (85 + Only)
Koefisien Drag: 0,39
Odometer Kalibrasi: 637 revs = 1 km (Kanada Hanya) / 1026 revs = 1 mil (USA Only)
[ sunting
SR5]
spesifikasi SR5]
Chassis Kode: AE86
Horsepower: 87 hp (64 kW) @ 4800 rpm * Torque: 85 ft · lbf (115 N · m) @ 2800 rpm *
Berat: sekitar 2200 lb (998 kg) dan 2400 lb (1089 kg)
Engine: 4AC, 1587 cc
Engine Type: SOHC 8-valve-Inline 4 carburated
M / T Transmisi: T50, 6-baut roda gila
A / T Transmisi: A42DL, 4-speed w overdrive / pembatasan konverter torsi, dikontrol secara mekanis, dengan elektronik bergerak gir
Kompresi: 9.0:1
Diferensial: 6,38 “Buka dengan 4.10:1 Rasio, 2-sayap (Otomatis) (S292) atau 3.91:1 Rasio, 4-sayap (5-speed) (S314)
Roda / Ban: 13×5 “Offset 33 mm rims dengan 185/70-13 Ban
Pertama 7 Digit dari VIN: JT2AE86
[ sunting ]
Spesifikasi GT-S
Chassis Kode: AE86
Horsepower: 112 hp (84 kW) @ 6600 rpm * Torque: 97 ft · lbf (132 N · m) @ 4800 rpm *
Berat: sekitar 2200 lb (998 kg) dan 2400 lb (1089 kg)
Engine: 4AGE, 1587 cc
Mesin Tipe: DOHC 16-valve inline-4 AFM multiport w Fuel Injection / T-VIS
Transmisi: T50, 8-baut roda gila
Injector Ukuran: approx. 180 cc impedansi, rendah
Kompresi: 9.4:1
Diferensial: 6,7 “Buka (T282) atau LSD opsional (USA Only) (T283) dengan 4.30:1 Rasio, 2-sayap
Roda / Ban: 14×5.5 “27 mm Offset rims dengan Ban 185/60-14 82H (195/60-14 85H untuk 86 + model)
Pertama 7 Digit dari VIN: JT2AE88

Film inilah yang membuat mobil AE 86 menjadi mendunia. Film yang dimana mobil AE 86 dijuluki mobil raja drifting downhill gunung akina jepang, yang mana dapat mengalahkan nissan skyline….

Initial D

Initial D (bahasa Jepang: 頭文字D) adalah sebuah manga dan anime karya Shuichi Shigeno yang menceritakan tentang kisah balap mobil oleh seorang anak penjual tahu yang bernama Takumi Fujiwara (harap bedakan dengan tokoh bernama sama dalam manga Dear Boys). Ia sangat berbakat melakukan balapan drift menuruni gunung Akina yang terletak di Prefektur Gunma, Jepang. Anime ini juga sudah diadaptasi ke layar lebar oleh sineas Hong Kong pada tahun 2004 dengan alur cerita yang tidak jauh berbeda. Filmnya terbilang tidak mengecewakan karena didukung oleh pemain-pemain film terkenal, seperti Jay Chou, Anthony Wong Chau-Sang, dan Edison Chen. Isi dari film ini sangatlah menarik karena banyak adegan balap mobil yang mengambil lintasan di kawasan pegunungan. Tokoh utama, Takumi Fujiwara, diperankan Jay Chou, sedangkan ayahnya yang bernama Bunta Fujiwara diperankan oleh Anthony Wong Chau Sang. Suatu hari, ada tim balap lain yang menantang tim balap lokal Akina, Akina SpeedStars. Akan tetapi, pimpinan SpeedStars, Itsuki (diperankan oleh Chapman To), tidak dapat mengalahkan salah satu anggota tim Miyogi Night Kids, Takeshi Nakazato, yang diperankan oleh Shawn Yue. Akhirnya, ayah Itsuki mengirim Takumi untuk melawan tim tersebut. Takumi yang masih duduk di SMA tahun kedua itu pun dapat dengan mudah mengalahkan Nakazato dengan mengendarai mobil tipe GT-R. Dari situlah, perubahan-perubahan pada kehidupan Takumi dimulai.
Bedanya, dalam versi manga, yang pertama kali melawan Takumi adalah Takahashi bersaudara dari tim Red Sun. Mereka mengendarai mobil tipe FC yang telah dimodifikasi dengan setelan yang cocok untuk digunakan berlomba di jalanan pegunungan Akina. Dalam cerita itu, banyak orang yang menduga bahwa lomba tersebut dapat dimenangkan dengan mudah oleh Takeshi bersaudara. Akan tetapi, dugaan tersebut dapat dipatahkan oleh Takumi dengan menempel ketat Takahashi (adiknya) yang menggunakan mobil Mazda FD3S. Walaupun Takumi kalah dalam adu sprint di lintasan lurus, tetapi ia mampu berada persis di belakang Takeshi saat menikung. Penonton pun dibuat tersentak ketika Takumi mengeluarkan segala daya upayanya dengan menyalip Takahashi pada tikungan terakhir. Pada akhirnya, Takumi yang menggunakan mobil tua tipe AE86 milik ayahnya pun mampu finish di urutan terdepan.

5 responses to “Ralat Info : Serba-Serbi Mengenai Mobil Drifting Legendaris Toyota Trueno AE 86 Alias Toyota Corolla Levin AE 86

  1. Itu yang foto “AE89” bukan Corolla men, tapi Celica Supra Mark II 1981–1986

  2. Kira kira diindonesia ada dealer ato orang yg ngejual tuh mobil gk? Soalnya saya brminat sekali dg mobil itu. Skalian klo ada info nissan skyline di indonesia tlg dimuat ya Gan.! Makasih bgt infonya.

  3. Dear Teman2 Pecinta Drift,
    Salam kenal saya Arto…kalau tidak keberatan mau sharing info mengenai mobil saya yang dijual,bahan yang bagus untuk Drift murah meriah.
    Holden Calais 2.0 injection 6 cylinder ( RB20E ) setipe dengan Nissan Cefiro / Skyline. Rear Wheel Drive.
    Kondisi mesin segar bugar siap upgrade untuk drift,body kaleng tapi kudu siram kalo mo cantik ( cat buluk ).
    Untuk info lebih lengkap & foto silahkan lihat di Toko Bagus atau hub Arto di 08 777 100 8422 / email artoholic311@yahoo.com.
    Siapa tahu teman2 disini berniat bangun mobil drift atau lagi cari bahan yang murah meriah.
    Thank’s Alot Guys..God Bless You Full!!

    Regards
    Raharto Boentaran ( Arto )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s