Waduh, Tanda Larangan Merokok Justru ‘Goda’ Perokok…

LONDON – Semakin banyaknya peringatan tidak merokok ternyata tidak menjamin lingkungan bebas dari asap rokok. Sebuah studi psikologi terbaru justru mengungkapkan jika tanda larangan merokok bisa jadi mendorong seseorang untuk merokok.

Menurut Brian Earp, peneliti dari Oxford University, larangan itu memiliki ‘efek ironi’ terhadap perokok sehingga mengakibatkan mereka semakin ingin mengisap rokok. Tanpa disadari, mereka bereaksi terhadap peringatan tersebut dengan memendam keinginan merokok.

“Anda akan merasakan efek ironi ketika mendapati informasi yang ditampilkan dengan pernyataan negatif. Ketika saya mengatakan ‘jangan berpikir tentang gajah pink’, saya justru meletakkan pikiran tentang gajah pink dalam pikiran Anda,” jelas Earp seperti dikutip Daily Mail, Jumat (6/5/2011).

“Sementara, kebanyakan pesan publik dikemas dalam bentuk negatif. ‘Katakan tidak pada narkoba’, ‘jangan minum alkohol dan mengemudi’, ‘dilarang merokok’,” tambahnya.

“Tanda larangan merokok, khususnya, terpampang dimana-mana. Anda bisa jadi akan melewati 5 atau 6 tanda tersebut di etalase toko maupun pintu. Jika anda sangat gemar merokok, tanda ini justru bisa meningkatkan keinginan anda untuk merokok,” lanjut Earp.

Untuk membuktikan teorinya, Earp bersama timnya menguji sejumlah perokok di wilayah New England, AS. Earp menunjukkan beberapa foto, di mana sebagian foto menampilkan gambar larangan merokok, sementara pada foto lainnya gambar itu dihilangkan.

Setelah itu, partisipan diajak mengamati beberapa gambar di layar televisi guna mengetahui reaksi mereka terhadap eksperimen sebelumnya. Dari uji coba itu, peneliti menemukan bahwa partisipan yang melihat gambar larangan merokok lebih tertarik mengamati gambar-gambar yang berhubungan dengan rokok, seperti asbak maupun batang rokok itu sendiri.

Salam SHABers…

Via Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s